Selamat Datang di AQUADRONIK!!! Like n Share Jika Anda Rasa Artikel Kami Bermanfaat

Sunday, May 26, 2019

13 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Keluarga



Aquadronik - Singkong memiliki nama latin Manihot esculente yang berasal dari famili Euphorbiaceae. Singkong pertama kali ditemukan di wilayah Amerika Serikat lalu dikembangkan di Brazil. Di Indonesia singkong juga dikenal dengan nama ketela pohon atau ubi kayu. Kini, daun singkong sudah tumbuh dan dikembangkan di hampir semua wilayah termasuk Indonesia.

Singkong tumbuh di wilayah dengan tanah berpasir dan memiliki drainase yang baik. Iklim yang hangat dibutuhkan untuk pertumbuhan daun singkong. Umbi yang berasal dari singkong bisa sebagai makanan pokok karena merupakan sumber karbohidrat dan daun singkong sendiri  bisa sebagai sayuran karena mengandung begitu banyak vitamin dan mineral.



Kandungan gizi daun singkong


Daun singkong kaya akan zat-zat gizi. Kandungan yang ada didalam daun singkong meliputi gizi mikro dan makro. Zat gizi makro yang ada pada daun singkong di antaranya adalah serat, karbohidrat, dan protein.

Sedangkan at gizi mikro yang dikandung oleh daun singkong meliputi vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, seng, magnesium, dan mangan. Daun singkong juga mengandung beta karoten dan asam amino esensial.

Asam amino esensial yang ada pada daun singkong di antaranya seperti valin, leusin, lisin, isoleusin, dan arginin. Daun singkong mengandung protein lebih banyak daripada umbinya. Daun singkong yang masih muda memiliki kandungan protein, mineral dan vitamin yang sangat tinggi.


Manfaat daun singkong untuk kesehatan


Kandungan gizi mikro dan makro yang ada di dalam daun singkong membuatnya memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya bisa untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah beberapa jenis penyakit atau masalah medis, dan lainnya.

Selain itu, daun singkong juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan nafsu makan


Jikanda memiliki masalah untuk menambah berat badan karena tidak memiliki nafsu makan yang baik, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun singkong.

Daun singkong cocokt untuk meningkatkan nafsu makan. Mungkin Anda tidak menduganya, tapi dengan mengkonsumsi daun singkong bisa membantu Anda memiliki nafsu makan yang baik sehingga bisa menaikkan berat badan dengan lebih mudah.

2. Mengobati cacingan


Daun singkong juga bisa menjadi obat cacing herbal. Kandungan yang ada pada daun singkong bisa menghancurkan cacing yang merugikan kesehatan tubuh anda, terutama yang terkait dengan masalah pencernaan.

3. Menyembuhkan Luka

Manfaat serat dan zat besi yang terkandung dalam daun singkong juga cukup banyak dimana ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan juga meminimalisisr timbulnya jaringan parut yang biasanya timbul sesudah luka sembuh.

4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Daun singkong bisa anda gunakan sebagai solusi alami yang murah jika anda memiliki masalah seputar rambut seperti membutuhkan waktu yang lama untuk memanjangkan rambut,  

Bagian daun dan umbi dari singkong ini sangat baik digunakan pada rambut dengan cara dihaluskan sampai menjadi pasta. Oleskan pasta daun singkong ini pada rambut lalu diamkan selama 1 jam kemudian bilas dan lakukan 2 kali seminggu untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut secara alami.

5. Mengobati Rematik

Daun singkong mengandung manfaat magnesium yang baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga kemungkinan rematik juga bisa diturunkan karena dengan mengkonsumsi daun singkong kebutuhan magnesium harian akan terpenuhi sebanyak 1/3.

Untuk membuat ramuan alami mengobati rematik dengan tanaman ini, anda hanya perlu merebus 150 gram daun ubi kayu dengan beberapa batang sereh, sejumput garam dan 15 gram jahe. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 liter air hingga berkurang sekitar 400 cc lalu minum ramuan ini setiap pagi untuk mencegah rematik.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kadar vitamin A yang terkandung pada daun singkong lumayan tinggi sehingga cukup efektif bila dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Mengkonsumsi daun singkong sebanyak 3 kali seminggu, maka kesehatan mata anda akan terjaga dengan baik.

7. Mencegah Osteoporosis

Daun singkong juga mengandung kalsium dan fosforisa yang baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Kedua zat ini memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan tulang

8. Mengobati Stroke

kandungan isoflavon yang ada di dalam daun singkong sangat dibutuhkan untuk mengobati stroke secara alami.

Berdasarkan sebuah penelitian yang sudah dilakukan para ahli membuktikan bahwa daun singkong terbukti mampu untuk menyembuhkan stroke.

9. Menambah Daya Tahan Tubuh

Daun singkong memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kandungan vitamin C paling tinggi terkandung dalam daun singkong bukan pada bagian umbinya. Sehingga untuk anda yang gemar berolahraga sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun singkong.

10. Menjaga kehamilan

Manfaat daun singkong bisa membantu mengatasi anemia pada ibu hamil karena daun singkong mengandung zat besi yang sangat tinggi. Ini sangat cocok bagi ibu hamil yang cenderung memiliki masalah anemia. Biasanya anemia ini disebabkan oleh fisiologis kehamilan.

Kandungan zat besi yang ada pada daun singkong ini dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Selain itu, daun singkong juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Zat gizi ini sangat baik untuk mengomptimalkan tumbuh kembang janin.

11. Mengatasi penglihatan kabur

Daun singkong bisa membantu mengatasi penglihatan yang kabur agar menjadi lebih jelas. Anda bisa mengkonsumsi daun singkong dalam bentuk sayur atau lalapan seperti yang ada di rumah makan padang.

Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa jangan mengonsumsi air dari sayur daun singkong. Ini dikarenakan daun singkong mengandung sianida yang bila tercampur air akan menjadi racun bagi tubuh.

12. Mengobati diare

Daun singkong juga bisa untuk mengobati diare. Jika Anda mengalami diare maka jangan panik. Selain memperbanyak konsumsi air putih, Anda juga sebaiknya mengonsumsi daun singkong dan ingat untuk tidak meminum air rebusan daun singkong dalam jumlah banyak.

13. Mengobati demam

Daun singkong juga bisa untuk mengobati demam. Selain itu, manfaat daun singkong juga bisa untuk mengobati sakit kepala. Konsumsilah daun singkong yang telah direbus.

Tapi jangan terlalu lama saat merebusnya agar kandungan gizi yang ada di dalam daun singkong tidak hilang banyak.


Dari ulasan kami diatas sudah terbukti jika manfaat daun singkong tidak hanya sebatas sebagai pengganti sayuran saja, namun juga mengandung begitu banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata, rambut, dan juga dapat menangkal berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Maka, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi daun singkong, selain harganya yang sangat murah daun singkong juga sangat mudah didapat.

Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan like dan bagikan ke group media sosial anda. Terima kasih!

0 komentar:

Post a Comment