Selamat Datang di AQUADRONIK!!! Like n Share Jika Anda Rasa Artikel Kami Bermanfaat

Friday, May 10, 2019

Mengenal BUDIKDAMBER



Kali ini Aquadronik akan mencoba mengupas suatu sistem budidaya ikan.Jika bicara soal budidaya ikan baik itu ikan lele, ikan nila, ikan patin, ikan mas, dan jenis-jenis ikan air tawar lainnya. Hal pertama yang akan terpikir di benak sebagian orang itu pasti membutuhkan lahan yang seberapa lebar, atau tentang lelahnya mencangkul untuk membuat kolam, dan juga berapa besar modalnya yang dibutuhkan untuk membuatnya, apalagi untuk daerah perkotaan yang memiliki lahan jelas-jelas terbatas, tentu impian untuk membuat kolam tetap akan menjadi impian selamanya.

Namun sobat Aquadronik sekarang tak perlu khawatir lagi karena ada sekarang solusi baru untuk melakukan budidaya ikan di lahan sempit atau di lahah yang terbatas ,yaitu "BUDIKDAMBER".

Apa itu Budikdamber?



budikdamber adalah sebuah budidaya ikan yang dilakukan di dalam media ember artinya kita melakukan budidaya ikan menggunakan media ember. Media ember yang bisa anda gunakan adalah ember ukuran 80 liter dengan diisi air 60 liter. Budidaya ikan dan sayuran dalam satu ember ini merupakan sistem akuaponik (polikultur ikan dan sayuran) yang dikembangkan oleh Pak Juli Nursandi, S.Pi., M.Si. dosen di Politeknik Negeri Lampung (Polinela).  Biasanya sistem akuaponik yang berkembang di dunia selalu membutuhkan pompa dan filter yang akhirnya membutuhkan listrik, lahan yang luas, biaya mahal, dan rumit. Nah, Budikdamber ini kebalikan dari cara yang rumit tersebut. Targetnya budikdamber bisa menjadi sistem budidaya ikan untuk keperluan konsumsi terkecil di dunia dan sangat cocok bagi yang tidak punya kulkas, teknik budikdamber ini juga bisa berfungsi sebagai kulkas hidup

Mengingat lahan yang semakin menyempit khususnya di daerah perkotaan, sedangkan kebutuhan akan pangan terus meningkat sehingga kita perlu inovasi tepat guna yang bisa mengakomodir hal ini salah satunya adalah budikdamber atau budidaya ikan dalam ember ini.



Apa saja sih bahan-bahan yang dibutuhkan untuk budikdamber?

Lahan kosong yang mendapatkan sinar matahari, gak perlu luas-luas kok.
Ember 80 Liter (diameter kira-kira 50 cm).
Gelas plastik (bisa menampung 10 gelas)
Kawat lentur
Arang, sabut kelapa, dan tanah
Bibit ikan dan
Sayur

Jenis ikan yang bisa dibudidayakan pada media ini  juga beragam, ikan lele, ikan nila, ikan patin, ikan mas, dan ikan jenis ikan air tawar lainnya namun sebagai contoh disini saya akan menggunakan  ikan lele. Begitu pula untuk tanaman hidroponik yang bisa ditanam pada media budikdamber ini juga bisa beragam, namun disini saya akan contohkan untuk tanaman kangkung. Untuk tahu lebih jelas tentang budidaya ikan dalam ember atau budikdamber itu seperti apa, saya akan menjelaskannya di postingan berikutnya.

Baca selanjutnya: Tutorial budidaya ikan dalam ember

0 komentar:

Post a Comment