Selamat Datang di AQUADRONIK!!! Like n Share Jika Anda Rasa Artikel Kami Bermanfaat

Monday, May 13, 2019

5 MANFAAT SAYUR BAYAM YANG HARUS DIKETAHUI


Bayam merupakan salah satu sayuran bermanfaat, berdaun hijau terbaik karena dikemas dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan nilai gizi. Bayam dapat dimasak atau dimakan mentah, tapi dianjurkan untuk dikukus atau memakannya mentah, misalnya sebagai salad, karena itu bisa mempertahankan nutrisi di dalamnya. Sayur bayam juga mengandung banyak anti oksidan penting dan phytochemicals yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Dan juga sayur hijau yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu hami dan yang sedang menyusui.

Bayam bisa ditanam dengan metode hidroponik dan tidak membutuhkan perawatan ekstra, mengapa hiroponik? karena budidaya sayur bayam menggunakan sistem hidroponik lebih ramah lingkungan, hasil yang didapat dari sistem hidroponik juga jaul lebih meningkat dibandingkan dengan metode tanam lainnya, dan sudah pasti sayuran hidroponik non pestisida.

Berikut Aquadronik akan menjelaskan, 5 manfaat sayur bayam yang harus anda ketahui:


https://aquadronik.blogspot.com/2019/05/5-manfaat-sayur-bayamyang-harus.html

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam yang kaya akan kalium sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena dengan mengkonsumsi bayam yang mengandung zat kalium tinggi ini, akan sangat membantu penderita tekanan darah tinggi untuk menurunkan tekanan darahnya, untuk dapat menjadi normal dan seimbang.

Bayam juga dapat menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Karena kandungan nitrat yang ada di dalam sayur bayam mampu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah, sehingga tekanan darah menjadi normal. Jika sang ibu menderita hipertensi maka mengkonsumsi bayam adalah pilihan yang benar untuk menurunkan tekanan darahnya.



https://aquadronik.blogspot.com/2019/05/5-manfaat-sayur-bayamyang-harus.html

2. Mengandung Asam folat Yang tinggi

Kandungan asam folat yang ada pada bayam cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa asam folat sangat penting untuk ibu hamil. Zat ini berfungsi untuk membantu pembentukan tabung saraf pada masa awal pertumbuhan janin di usia muda kehamilan.

Mengkonsumsi sayur bayam secara teratur pada ibu hamil juga dapat mencegah terjadinya bayi lahir acat seperti celah bibir (sumbing) atau spina bifida (terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang), berat badan kurang dan lain sebagainya karena kekurangan asam folat. Jika ibu hamil kekurangan asam folat, maka akan timbul efek lelah, nafsu makan berkurang, radang gusi, mudah lupa hingga gangguan pencernaan.

Vitamin A yang terkandung dalam bayam disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang lebih tinggi oleh ibu hamil. Vitamin A diperlukan untuk perkembangan paru-paru janin juga dan dapat disalurkan selama menyusui, sehingga konsumsi bayam harus dilanjutkan setelah melahirkan.



https://aquadronik.blogspot.com/2019/05/5-manfaat-sayur-bayamyang-harus.html

3. Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat sayur bayam baik bagi penderita gangguan penglihatan. Karena bayam mengandung banyak antioksidan , lutein, dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula terkait usia .

Zeaxanthin adalah karotenoid penting yang diserap ke dalam makula lutea retina di mata dan berfungsi menyaring cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A yang mampu menjaga selaput lendir agar tetap sehat dan penting untuk menjaga penglihatan tetap normal.



https://aquadronik.blogspot.com/2019/05/5-manfaat-sayur-bayamyang-harus.html

4. Menyehatkan Tulang

Jika kita mendapatkan asupan vitamin K yang rendah, hal ini dapat mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Di dalam bayam juga terkandung vitamin K yang membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

Maka dengan mengkonsumsi bayam sangatlah penting karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh lewat urine. Selain sayur bayam bermanfaat untuk tulang, bayam juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.



https://aquadronik.blogspot.com/2019/05/5-manfaat-sayur-bayamyang-harus.html

5. Baik Untuk Program Diet

Sayur bayam mengandung sejumlah besar zat besi yang meningkatkan metabolisme serta jumlah oksigen yang mengalir melalui tubuh Anda. Selain karena karbohidrat, serat dan kalori dalam bayam, bayam juga kaya akan kandungan air. Sehingga dapat mencegah dehidrasi pada tubuh. tubuh tetap sehat dan kuat untuk melaksanakan aktivitas Hasilnya, tubuh membakar lebih banyak lemak sehingga menurunkan berat badan.

Berat badan yang berlebihan dan tidak proporsional tentu membuat anda tidak percaya diri dengan bentuk tubuh anda. Selain itu berat badan yang berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Oleh karena hal tersebut banyak orang yang mengkonsumsi sayur bayam untuk tujuan diet.


Manfaat sayur bayam tersebut bisa dirasakan jika dikonsumsi secara teratur berdampingan dengan jenis makanan bergizi lainnya yang bervariasi. Sayur bayam sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga perlu dimasukkan kedalam daftar menu harian. Selain mengkonsumsi sayuran, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan lain yang bervariasi seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, susu dan yang lainnya. Makanan yang bervariasi bisa membantu memberikan asupan nutrisi yang lengkap untuk tubuh kita. Salam Aquadronik

0 komentar:

Post a Comment